Registry
editor yang tidak bisa dibuka biasanya ditandai dengan munculnya pesan error ”Registry
editing has been disabled by your administrator“. Setiap kali kita berusaha
membuka registry editor selalu muncul pesan tersebut. Untuk memperbaiki atau
enable registry yang disable ada beberapa cara yang bisa di tempuh.
Cara enable registry yang disable melalui group policy ( gpedit)
Cara enable registry yang disable melalui group policy ( gpedit)
1. Tekan kombinasi tombol windows +
R untuk membuka menu run, kemudian ketik gpedit.msc dan tekan
enter.
2. Masuk ke User configuration
> administrative templates > System
3. Pada panel sebelah kanan, klik ganda
Prevent Access to Registry Editing Tools, kemudian ubah statusnya
menjadi not configured, klik OK
4. Logoff atau restart komputer
Enable
registry editor yang disable menggunakan remove restrictions tools (RRT) dari sergiwa.com
Beri tanda centang pada registry tools kemudian klik remove

Beri tanda centang pada registry tools kemudian klik remove
Enable registry editor yang disable menggunakan software tweak windows seperti Tune UpUtilities.
Pada program tune up utilities terdapat fitur atau fasilitas untuk masuk ke Registry editor. Cobalah masuk regedit melalui fitur tersebut kemudian masuk ke HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
Pada panel sebelah kanan cari key DisableRegistryTools. Jika ditemukan key DisableRegistryTools, hapus key tersebut. Kemudian logoff atau restart komputer.
Mudah-mudahan saja salah satu cara diatas dapat bermanfaat dan berhasil mengembalikan registry editor menjadi enable atau aktif kembali.
Cara
penyelesaian masalah melalui Services
Gejala
Saat Anda menginstal, membongkar, atau memperbarui
program pada komputer berbasis Windows, Anda akan menerima salah satu pesan
kesalahan berikut ini:
Pesan kesalahan 1
Pesan kesalahan 1
Layanan Penginstal Windows tidak dapat diakses.
Pesan kesalahan 2
Layanan Penginstal Windows tidak dapat dimulai.
Pesan kesalahan 3
Tidak dapat menginstal layanan Penginstal Windows
pada Komputer Lokal. Kesalahan 5: Akses ditolak.
Penyebab
Proses penginstalan atau pembongkaran program bisa
gagal karena beberapa alasan. Artikel ini membahas masalah berikut ini (Klik
setiap masalah untuk penyelesaian terkait):
- Masalah penginstal Windows
- Menginstal atau memperbarui program di Windows mungkin tidak sepenuhnya berhasil
- Membongkar program di Windows mungkin tidak sepenuhnya berhasil
Pemecahan masalah
Perbaiki masalah secara
otomatis
Memperbaiki masalah secara manual
Untuk mengatasi masalah
semacam ini, ikuti langkah-langkah yang tercantum di bawah.
Di Windows XP atau di Windows Server 2003
1.
Buka
kotak dialog Tanggal dan Waktu.
1.
Klik
Mulai, kemudian klik Jalankan.
2.
Ketik
perintah berikut ini di kotak dialog Jalankan, kemudian tekan OK:
timedate.cpl (Tangkapan layar untuk
langkah ini tercantum di bawah).
1.
Gunakan
salah satu dari langkah-langkah yang sesuai, tergantung hasilnya.
Jika kotak dialog Properti
Tanggal dan Waktu muncul, berarti Anda sudah masuk sebagai
administrator. Klik Batalkan untuk menutup
kotak dialog Tanggal dan WaktuProperti.
(Tangkapan layar untuk langkah ini tercantum di bawah).
Pesan berikut ini akan ditampilkan ketika Anda
tidak masuk sebagai administrator.
Di Windows Vista atau di Windows 7
1.
Buka
kotak dialog Tanggal dan Waktu.
1.
Klik
Mulai.
2.
Ketik
perintah berikut ini di kotak Mulai Pencarian atau di kotak Cari
program dan file, kemudian tekan ENTER:
timedate.cpl
Kotak dialog Tanggal
dan Waktu terbuka. (Tangkapan layar untuk langkah ini tercantum
di bawah).

Klik Ubah tanggal dan waktu di
kotak dialog Tanggal dan Waktu. Ketika kotak dialog Kontrol
Akun Pengguna terbuka, klik Lanjutkan.(Tangkapan
layar untuk langkah ini tercantum di bawah).
1. 
2.
Sekarang,
lakukan salah satu dari yang berikut ini, tergantung pada yang terjadi ketika
Anda mengeklik Lanjutkan:
o
Jika komputer tidak diwanti untuk
sandi
Anda telah masuk dengan akun administrator. Klik Batal dua kali untuk menutup kotak dialog Tanggal dan Waktu, kemudian Anda siap untuk melanjutkan tugas ini.
Anda telah masuk dengan akun administrator. Klik Batal dua kali untuk menutup kotak dialog Tanggal dan Waktu, kemudian Anda siap untuk melanjutkan tugas ini.
o
Jika komputer meminta sandi
Anda tidak masuk dengan akun administrator.
Anda tidak masuk dengan akun administrator.
Masalah Penginstal Windows
Mesin Penginstal Windwos
mungkin rusak, diinstal secara tidak benar, atau dinonaktifkan. Ini dapat
menyebabkan masalah penginstalan.
Gunakan metode ini untuk mengidentifikasi masalah Penginstal Microsoft yang mungkin menyebabkan masalah ketika Anda menginstal, membongkar, atau memperbarui program. Dimulai dengan metode 1, ikuti langkah-langkah dalam metode itu, lalu gunakan metode berikutnya jika masalah Anda tidak terselesaikan.
Klik di sini untuk menampilkan atau menyembunyikan informasi detail
Metode 1: Tentukan apakah mesin Penginstal Windows berfungsi
Klik Mulai
1.
ketik cmd
di kotak Pencarian atau klik Jalankan
kemudian ketik cmd di dialog (Windows XP
atau Windows Server 2003), kemudian tekan Enter untuk membuka
jendela Wantian Perintah.
2.
Di
wantian perintah, ketik MSIExec, kemudian
tekan Enter.
3.
Jika
mesin MSI berfungsi, maka seharusnya tidak ada pesan kesalahan. Jika Anda
menerima pesan kesalahan, catat kesalahan tersebut. Jika Anda memahami cara
menggunakan mesin pencari, Anda dapat menggunakan pesan kesalahan untuk mencari
materi tambahan untuk menyelesaikan masalah.
4.
Cobalah
menginstal atau membongkar sekali lagi.
Jika masalah tetap ada, lanjutkan ke metode 2.
Metode 2: Pastikan bahwa layanan Penginstal Windows tidak disetel ke Nonaktif
Klik Mulai
1.
ketik services.msc
di kotak Pencarian atau klik Jalankan
kemudian ketik services.msc di dialog
(Windows XP atau Windows Server 2003), dan tekan Enter
untuk membuka Layanan.
2.
Klik
kanan layanan Penginstal Windows, lalu klik Properti.
3.
Dalam
kotak jenis Mulai ditetapkan ke Nonaktif,
ubahlah ke Manual.
4.
Klik
OK untuk menutup jendela Properti.
5.
Klik
kanan layanan Penginstal Windows, lalu klik Mulai.
Layanan akan memulai tanpa ada kesalahan.
6.
Cobalah
menginstal atau membongkar sekali lagi.
Jika masalah tetap ada, lanjutkan ke metode 3.
Metode 3: Periksa versi Penginstal Windows Anda, dan tingkatkan ke versi terbaru jika perlu
Klik Mulai
,
1.
ketik
cmd di kotak Cari atau klik
Jalankan kemudian ketik services.msc di dialog (Windows XP atau Windows Server
2003), dan tekan Enter untuk membuka jendela
Wantian Perintah.
2.
Di
jendela Wantian Perintah ketik MSIExec,
dan kemudian tekan Enter. Jika mesin MSI
berfungsi, maka seharusnya tidak akan ada pesan kesalahan, dan kotak dialog
terpisah seharusnya terbuka. Ini menunjukkan versi MSI.
3.
Jika
versi penginstal bukan versi 4.5, lihat artikel berikut ini di Pangkalan
Pengetahuan Microsoft untuk informasi dan tautan untuk mengunduh penginstal
Windows 4.5:
4.
Cobalah
menginstal atau membongkar sekali lagi.
Jika masalah tetap ada, lanjutkan ke metode 4.
Metode 4: Daftarkan ulang mesin penginstal
Penting
Metode ini hanya berlaku untuk Windows XP dan Windows Server 2000.
1.
Klik
Mulai, klik Jalankan
kemudian ketik cmd di dialog, kemudian klik Wantian
Perintah.
2.
Pada
wantian perintah, ketik yang berikut ini, dan kemudian tekan Enter setelah
setiap baris:
MSIExec /unregister
MSIExec /regserver
3.
Cobalah
menginstal atau membongkar sekali lagi.
Menginstal atau memutakhirkan program di Windows mungkin
tidak berhasil diselesaikan
Metode yang digunakan untuk menginstal atau memutakhirkan
program mungkin tidak berhasil diselesaikan
Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk
menginstal, membongkar, atau memutakhirkan program. Selain itu, metode yang
digunakan mungkin gagal dimulai atau mungkin tidak sepenuhnya berhasil. Berikut
ini adalah metode umum yang digunakan untuk menginstal perangkat lunak:
- Masukkan
media CD atau DVD, lalu biarkan penginstalan memulai otomatis.
- Jelajahi
CD, DVD, media dapat-dilepas, atau di lokasi lain tempat file penginstalan
disimpan, lalu klik dua kali pada program Persiapan. File persiapan
biasanya merupakan salah satu dari yang berikut ini:
- Autorun
atau Autorun.exe
- Setup atau
Setup.exe
- Install
atau Install.exe
- Klik Jalankan
ketika Anda mengunduh program dari situs web Internet.
Media penginstalan mungkin tidak dapat dibaca
Media penginstalan seperti media CD dan DVD mungkin
kotor atau tergores serta mungkin tidak dapat dibaca oleh pembaca CD atau DVD
dan menyebabkan masalah penginstalan, penghapusan, atau pembaruan.
Metode 1: Hapus CD atau DVD yang Anda gunakan untuk
menginstal (Ini berlaku hanya jika Anda menggunakan CD atau DVD.)
Bersihkan media CD atau DVD. Untuk melakukannya, pakai kit pembersih cakram CD
atau DVD. Atau, hapus perlahan sisi perak dari cakram dengan menggunakan kain
bebas benang yang lembut. Jangan gunakan kain kertas. Kain kertas dapat
menggores plastik atau meninggalkan goresan. Saat Anda membersihkan cakram,
gosok dari tengah ke arah luar cakram. Jangan gunakan gerakan melingkar. Jika
masalah masih terus terjadi, bersihkan cakram dengan menggunakan kain lembap
atau cairan pembersih cakram CD atau DVD yang dijual bebas. Keringkan cakram
secara menyeluruh sebelum Anda memasukkan cakram ke dalam drive.
Metode 2: Salin file penginstalan ke komputer Anda
Salin file penginstalan ke cakram keras lokal pada komputer atau ke media lain
yang dapat dipindahkan. Perhatikan lokasi, dan kemudian jalankan penginstalan
dari lokasi tersebut. File penginstalan biasanya disebut Autorun.exe atau
Setup.exe. Tapi ini bisa berbeda-beda. Jika Anda tidak yakin, periksa file
Readme di folder untuk memperoleh petunjuk cara menjalankan penginstalan. Jika
tersedia file yang dapat dijalankan (.exe), kami tidak sarankan agar Anda
menjalankan file .msi secara langsung tanpa petunjuk khusus dari vendor.
Metode 3: Dapatkan versi baru dari paket penginstalan
Jika Anda mencoba untuk menginstal dari CD atau DVD, ambil langkah-langkah
berikut ini:
- Periksa
situs web pembuat perangkat lunak untuk memperoleh versi terbaru dari
paket perangkat lunak. Unduh dan pasang versi baru.
- Jika Anda
sudah memperoleh versi terbaru, cobalah mengunduh program dari situs pembuat
lalu jalankan penginstalan.
Pengguna Lanjut Jika dibutuhkan beberapa CD atau
DVD, kami sarankan agar Anda menyalin semua cakram ke folder yang sama, dalam
urutan terbalik (cakram tertinggi diurutkan pertama kali). Bersiap menyetujui
file untuk ditimpa jika Anda diminta, lalu pasang dari lokasi tersebut.
File yang diunduh atau disalin mungkin rusak.
Metode 1: Salin file
penginstalan ke komputer Anda
Salin file penginstalan ke cakram keras setempat pada komputer atau ke media
lain yang dapat dipindahkan. Perhatikan lokasi, dan kemudian jalankan
penginstalan dari lokasi tersebut. File penginstalan biasanya dinamai
Autorun.exe atau Setup.exe. Tapi ini bisa berbeda-beda. Jika Anda tidak yakin,
periksa file Readme di folder untuk memperoleh petunjuk tentang cara
menjalankan penginstalan. Jika tersedia file yang dapat dijalankan (.exe), kami
tidak sarankan agar Anda menjalankan file .msi secara langsung tanpa petunjuk
khusus dari vendor.
- Jika Anda
menginstal program dari Internet, unduh ulang file (pilih Simpan dan bukan Jalankan
di kotak dialog unduh), simpan file di folder pada cakram keras setempat
di komputer atau yang lain, media yang dapat dilepas, dan jalankan
penginstalan dari lokasi tersebut.
- Jika file
penginstalan ada pada jaringan (misalnya, lingkungan komersial atau
korporat), salin semua file ke folder pada cakram keras lokal pada
komputer, lalu kemudian jalankan penginstalan dari lokasi tersebut.
Metode 2: Dapatkan versi baru dari paket penginstalan
Jika beberapa waktu telah berlalu antara saat Anda mengunduh paket dan ketika
Anda mencobanya, lakukan yang berikut ini:
- Periksa
situs web pembuat perangkat lunak untuk memperoleh versi terbaru dari
paket perangkat lunak. Unduh dan pasang versi baru.
- Jika Anda
sudah memperoleh versi terbaru, cobalah mengunduh program sekali lagi lalu
jalankan penginstalan.
Program yang sedang berjalan pada komputer mungkin mengganggu
proses penginstalan
Nonaktifkan program yang mungkin mengganggu proses
penginstalan. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:
MSIExec /regserver
- Autorun atau Autorun.exe
- Setup atau Setup.exe
- Install atau Install.exe
Metode 1: Hapus CD atau DVD yang Anda gunakan untuk menginstal (Ini berlaku hanya jika Anda menggunakan CD atau DVD.)
Bersihkan media CD atau DVD. Untuk melakukannya, pakai kit pembersih cakram CD atau DVD. Atau, hapus perlahan sisi perak dari cakram dengan menggunakan kain bebas benang yang lembut. Jangan gunakan kain kertas. Kain kertas dapat menggores plastik atau meninggalkan goresan. Saat Anda membersihkan cakram, gosok dari tengah ke arah luar cakram. Jangan gunakan gerakan melingkar. Jika masalah masih terus terjadi, bersihkan cakram dengan menggunakan kain lembap atau cairan pembersih cakram CD atau DVD yang dijual bebas. Keringkan cakram secara menyeluruh sebelum Anda memasukkan cakram ke dalam drive.
Metode 2: Salin file penginstalan ke komputer Anda
Salin file penginstalan ke cakram keras lokal pada komputer atau ke media lain yang dapat dipindahkan. Perhatikan lokasi, dan kemudian jalankan penginstalan dari lokasi tersebut. File penginstalan biasanya disebut Autorun.exe atau Setup.exe. Tapi ini bisa berbeda-beda. Jika Anda tidak yakin, periksa file Readme di folder untuk memperoleh petunjuk cara menjalankan penginstalan. Jika tersedia file yang dapat dijalankan (.exe), kami tidak sarankan agar Anda menjalankan file .msi secara langsung tanpa petunjuk khusus dari vendor.
Metode 3: Dapatkan versi baru dari paket penginstalan
Jika Anda mencoba untuk menginstal dari CD atau DVD, ambil langkah-langkah berikut ini:
Pengguna Lanjut Jika dibutuhkan beberapa CD atau DVD, kami sarankan agar Anda menyalin semua cakram ke folder yang sama, dalam urutan terbalik (cakram tertinggi diurutkan pertama kali). Bersiap menyetujui file untuk ditimpa jika Anda diminta, lalu pasang dari lokasi tersebut.
Salin file penginstalan ke cakram keras setempat pada komputer atau ke media lain yang dapat dipindahkan. Perhatikan lokasi, dan kemudian jalankan penginstalan dari lokasi tersebut. File penginstalan biasanya dinamai Autorun.exe atau Setup.exe. Tapi ini bisa berbeda-beda. Jika Anda tidak yakin, periksa file Readme di folder untuk memperoleh petunjuk tentang cara menjalankan penginstalan. Jika tersedia file yang dapat dijalankan (.exe), kami tidak sarankan agar Anda menjalankan file .msi secara langsung tanpa petunjuk khusus dari vendor.
Metode 2: Dapatkan versi baru dari paket penginstalan
Jika beberapa waktu telah berlalu antara saat Anda mengunduh paket dan ketika Anda mencobanya, lakukan yang berikut ini:
Klik Mulai
,
, ketik msconfig
dalam kotak Pencarian, lalu ketik msconfig.exe.
1.
Jika
Anda diminta untuk memberi sandi administrator atau konfirmasi, masukkan sandi
atau sediakan informasi.
2.
Pada
tab Umum, klik Mulai selektif, lalu klik
untuk menghapus kotak centang Muat butir pemulaian.
3.
Klik
Layanan, klik Sembunyikan semua layanan Microsoft,
lalu klik Nonaktifkan semua.
4.
Klik
OK, lalu klik Mulai Ulang.
5.
Cobalah
menjalankan penginstalan program perangkat lunak Anda.
6.
Setelah
Anda selesai menyelesaikan masalah, mulai ulang komputer dalam mode Mulai
Normal. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:
1.
Klik
Mulai
,
ketik msconfig dalam kotak Pencarian,
lalu ketik msconfig.exe.
2.
Pada
tab Umum, klik Mulai
normal, klik OK, lalu klik Mulai ulang.
Untuk
informasi lebih lanjut tentang cara menggunakan MSConfig, klik nomor artikel
berikut ini untuk melihat artikel di Pangkalan Pengetahuan Microsoft:
Membongkar program di Windows mungkin tidak berhasil diselesaikan
Cobalah menginstal, membongkar, atau memutakhirkan program dengan menggunakan metode berbeda di Windows
Biasanya ada beberapa cara untuk membongkar program.
Cobalah beberapa metode berikut ini. Jika satu metode tidak menyelesaikan
maslah, cobalah metode berikutnya.
Metode 1: Gunakan opsi pembongkar program (jika tersedia)
Metode 1: Gunakan opsi pembongkar program (jika tersedia)
1.
Klik
Mulai
,
lalu klik Semua Program.
2.
Pilih
folder untuk program yang dicoba dibongkar, lalu kemudian buka folder.
3.
Jika
ada opsi untuk membongkar, coba gunakan untuk membongkar program.
Jika masalah Anda tidak dapat diselesaikan, lanjutkan ke metode 2.
Metode 2: Gunakan opsi Panel Kontrol
1.
Klik
Mulai
,
klik Panel Kontrol, klik Tambah dan Hapus Program
atau klik Program dan Fitur, lalu kemudian klik Bongkar
program.
2.
Pilih
program, kemudian klik Bongkar. Ikuti wantian untuk membongkar
program.
Bantuan lebih lanjut tentang masalah penginstalan, pembongkaran, atau pembaruan
Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini dan masalah
masih tetap terjadi, Anda mungkin harus menghubungi Microsoft Support untuk
memperoleh bantuan tambahan. Untuk mendapatkan informasi tentang cara
menghubungi Dukungan Microsoft, kunjungi situs web Microsoft. Biaya mungkin
akan dikenakan.
Anda mungkin juga ingin mengunjungi situs web
Komunitas Microsoft di mana Anda dapat bertanya dan mendapatkan jawaban dari
pengguna lain secara gratis. Komunitas Microsoft adalah forum bantuan untuk
pelanggan konsumen. Untuk mengunjungi Komunitas Microsoft, kunjungi situs web
Microsoft berikut ini:
Pengguna tingkat lanjut
Membongkar program secara manual
Anda juga dapat secara manual membongkar beberapa
bagian dari program melalui antarmuka Windows. Sebagai contoh, Anda mungkin
dapat menghapus file program dan folder secara manual. Karena langkah-langkah
untuk melakukan hal ini sangat berbeda, bergantung versi Windows yang Anda
miliki dan program yang dicoba dibongkar, tidak ada langkah-langkah pasti
disediakan dalam artikel ini. Jika Anda tidak cukup mengetahui program yang dicoba
dibongkar untuk mengidentifikasi file dan folder untuk program tersebut, kami
tidak sarankan agar Anda mencoba metode ini. Secara umum, ketika Anda mencoba
untuk menghapus file dan folder program secara manual, Anda berisiko merusak
sistem operasi. Anda menanggung risikonya jika mengikuti langkah ini.
Jika Anda mempertimbangkan untuk membongkar program secara manual, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ingat:
Jika Anda mempertimbangkan untuk membongkar program secara manual, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ingat:
- Anda harus berupaya secara maksimal untuk membongkar program aplikasi melalui cara tradisional sebelum anda mengikuti langkah ini. Misalnya, gunakan Tambah atau Hapus Program dalam Panel Kontrol.
- Sebelum Anda mengikuti langkah ini, Anda harus membuat titik pemulihan sistem.
- Sebelum Anda mulai, pindahkan setiap data pribadi atau dokumen yang mungkin disimpan dalam folder penginstalan aplikasi. Sebagai contoh, pindahkan ke folder Dokumen.
- Jika Anda tidak dapat menghapus file program secara manual, ini berarti bahwa file sedang digunakan atau beberapa program lain sedang mengakses file dan tidak membolehkan Anda untuk menghapusnya. Misalnya, perangkat lunak antivirus mungkin sedang mengakses file. Ketika perangkat lunak antivirus mengakses file program dan membuatnya tidak mungkin menghapus file, tampaknya perangkat lunak yang sama mencegah Anda membongkar program dengan menggunakan cara umum lainnya.
Periksa nama file atau folder yang lebih panjang dari 260 karakter
Untuk informasi lebih lanjut tentang batasan panjang
jalur maksimum, kunjungi situs web Microsoft Developer Network (MSDN):
Aktifkan pengelogan MSI, kemudian baca log verbose MSI
Sebagian besar program akan membuat log
penginstalan. Jika tidak ada catatan dibuat, Anda dapat mengaktifkan pencatatan
MSI. Untuk informasi lebih banyak tentang cara mengaktifkan pengelogan
Penginstal Windows, klik nomor artikel berikut ini untuk membaca artikel di
Pangkalan Pengetahuan Microsoft: 223300 Cara mengaktifkan pengelogan
Penginstal Windows
Catatan
Jika Anda menjalankan .msi tanpa bootstrapping applikasi (.exe), Anda dapat
menambahkan parameter untuk pengelogan verbose. Misalnya:
Msiexec jalur\your_msi.msi
/L*v jalur\your_msi_log.txt
Untuk mengetahui daftar parameter baris perintah
msiexec, kunjungi situs web Jaringan Pengembang Microsoft (MSDN):
Penginstalan yang gagal biasanya mencatat Nilai
Pengembalian 3 ketika program terjadi dan pemutaran kembali program dimulai.
Uraian kegagalan akan segera ditampilkan sebelum entri catatan Nilai
Pengembalian 3.
Alat Wilogutl.exe dapat berguna dalam menganalisis file log dari penginstalan Penginstal Windows. Selain itu, alat dapat menyediakan solusi untuk kesalahan yang ditemukan pada file log. Alat Wilogutil.exe tersedia di Kit Pengembangan Perangkat Lunak Microsoft Windows terbaru.
Alat Wilogutl.exe dapat berguna dalam menganalisis file log dari penginstalan Penginstal Windows. Selain itu, alat dapat menyediakan solusi untuk kesalahan yang ditemukan pada file log. Alat Wilogutil.exe tersedia di Kit Pengembangan Perangkat Lunak Microsoft Windows terbaru.
Komentar
Posting Komentar